PENTINGNYA PENDIDIKAN SEJAK DINI

  • Bagikan

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan proses pembelajaran anak secara aktif mengembangkan  potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, kepribadian, kecerdasan, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Banyak orang yang kadang tidak sadar akan pentingnya pendidikan yang dilakukan sejak dini. Pendidikan anak usia dini merupakan ruang ekspresi yang dapat membantu proses perkembangan anak lebih optimal. Tujuannya adalah untuk membentuk anak yang berkualitas sebelum memasuki pendidikan selanjutnya, serta mengarungi kehidupan setelah dewasa kelak. Padahal belajar saat dini itu bagaikan mengukir diatas batu sedangkan belajar diusia tua itu bagaikan mengukir diatas air. Artinya saat saat dini inilah seseorang lebih mudah dalam memahami atau menerima pelajaran yang diajarkan.

Tetapi di zaman sekarang banyak sekali anak anak di usia dini yang sudah bermain handphone. Walaupun handphone tidak selalu memberikan kesan yang buruk, tapi jika anak anak sudah memegangnya itu pasti hanyalah untuk bermain main saja. Sebenarnya tidak masalah jika anak anak itu bermain game tapi jika sudah bermain game pasti akan lupa waktu. Seharian hanya akan menghabiskan waktu dengan handphone saja bahkan bisa saja sampai lupa makan. Karena anak anak belum bisa mengatur waktunya dengan baik, maka sangat dibutuhkan kontrol orang tua. Sesibuk sibuknya orang tua, orang tua harus tetap memperhatikan anaknya. Jangan sampai karena mementingkan pekerjaan membuat anak menjadi kehilangan kasih sayang orang tuanya.

Berbeda dengan anak anak yang mendapatkan perhatian dari orang tuanya. Orang tuanya pasti akan membekalinya pendidikan sekecil apapun itu. Hal ini akan berpengaruhi pada anak dimasa yang akan datang. Anak yang seperti ini biasanya akan tumbuh menjadi anak yang cerdas dikemudian hari. Peran orangtua dalam pendidikan anak sebenarnya akan berkembang seiring bertambahnya usia anak. Misalnya, ketika masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, anak biasanya lebih bisa belajar sendiri tanpa didampingi. Namun, sikap orangtua terhadap pendidikan dapat menginspirasi anak anak saat mereka menempuh pendidikannya. Penting bagi orangtua untuk terlibat secara aktif dalam pendidikan anak anaknya. Orangtua perlu membuat anak menyadari bahwa belajar adalah hal yang penting, menyenangkan, dan harus dilakukan. Di usia dini anak lebih bergantung pada orangtua, sehingga ia akan mendengarkan dan menerima arahan orangtuanya dalam segala hal yang ia lakukan. Maka, orang tua perlu mengarahkan anak pada hal hal yang baik.

Tetapi ada cara untuk mengatasi anak yang sudah kecanduan handphone, yaitu dengan cara,

Yang pertama orang tua membatasi waktu penggunaan handphone. Orang tua tetap membolehkan anak untuk bermain handphone hanya saja dibatasi waktu pengggunaannya. Atau bisa juga orang tua memberikan jadwal dalam pengggunaan hamdphone

Yang kedua mengajak anak untuk melakukan aktifitas lain, seperti pergi ke luar rumah menghabiskan waktu bersama keluarga, mengajari anak untuk menanam tanaman, membaca buku, bernyanyi dan lain lain.

Dan yang terakhir orang tua harus menjadi contoh untuk anak. Misalnya orang tua melarang anak untuk terus menerus bermain handphone berarti orang tua juga harus bisa lepas dari handphone dengan begitu anak akan mencontoh orang tua.

Manfaat yang diperoleh dari anak belajar sejak usia dini antara lain :

1) Memperlihatkan Dunia Baru pada Anak.
Anak-anak di usia dini memiliki rasa keingintahuannya yang tinggi. Mendidik anak sejak dini dapat membantu mereka mengenal dunia dengan lebih baik. Hal ini juga bisa mendukung anak untuk mempersiapkan pendidikan formal di sekolah dasar hingga ke jenjang yang lebih tinggi.

2) Memiliki Bekal Pendidikan untuk Jenjang Berikutnya
Pendidikan anak usia dini bisa menjadi bekal yang baik bagi pendidikan akademik anak nantinya.
Jika anak sudah terbiasa belajar sedari kecil, ketika memasuki jenjang sekolah berikutnya akan lebih siap dan cepat. Hal tersebut memungkinkan anak untuk menimba ilmu dengan lebih baik.

3) Membantu Perkembangan Emosional dan Intelektual Anak.
Anak juga bisa memiliki sikap lebih sabar, mandiri, dan mudah bergaul dengan orang lain. Anak diajarkan berhitung, menulis, membaca, menggambar, dan lain lain akan terlatih untuk menuangkan kreatifitasnya dan dapat memupuk kecerdasannya.

4) Kepribadian Anak Menjadi Lebih Positif
Salah satu yang terpenting dalam pendidikan anak usia dini adalah membantu anak untuk menjadi pribadi yang lebih baik.
Diajarkannya bersosialisasi dengan baik, anak-anak mampu bersikap sopan santun dan dapat menghormati seseorang yang lebih tua. Hal itu bisa membuat anak memiliki kecenderungan kepribadian yang lebih positif di masa depan.

5) Memperlihatkan Dunia Baru pada Anak Anak-anak di usia dini memiliki rasa keingintahuannya yang tinggi. Mendidik anak sejak dini dapat membantu mereka mengenal dunia dengan lebih baik. Hal ini juga bisa mendukung anak untuk mempersiapkan pendidikan formal di sekolah dasar hingga ke jenjang yang lebih tinggi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

adplus-dvertising