Wow! Keajaiban Langit 1ndah

  • Bagikan
Langit

Oleh: @imsniaks

Langit atau angkasa adalah bagian atas dari permukaan bumi, dan digolongkan sebagai lapisan tersendiri yang disebut atmosfer. Langit terdiri dari banyak gas dan udara, dengan komposisi berbeda di tiap lapisannya. Langit sering terlihat berwarna biru ketika pagi maupun siang hari, karena udara membiaskan cahaya biru dari sinar matahari lebih banyak dibandingkan cahaya merah. Langit dapat berubah warna dalam kondisi tertentu, misalnya merah ketika senja atau hitam saat turun hujan.

Langit adalah makhluk ciptaan ALLAH yang dapat diamati oleh manusia. Langit menurut islam berfungsi sebagai keberkahan dan hikmah. Langit juga memiliki awan. Awan adalah massa tetesan air yang terlihat. Umumnya awan terdiri dari kristal dan es atau campuran keduanya.

Menurut Oxford Dictionary, awan merupakan massa uap air kental yang tampak mengembang di atmosfer. Biasanya berada tinggi dari permukaan tanah. Awan juga memiliki sejumlah manfaat. Beberapa di antaranya adalah sebagai indikator cuaca dan iklim, sumber air, dan pemantul radiasi matahari.Awan itu bermacam-macam yang ada dilapisan atsmosfer, kalo pengen tau dengan jelas baca tulisan yang ada dibawah ini.

MACAM-MACAM AWAN BAGIAN RENDAH

1. AWAN CUMULUS

Awan cumulus merupakan awan dengan bagian dasar yang datar. Jenis ini merupakan bentuk yang umum digambar sebagai ‘awan.’Nama cumulus berasal dari bahasa latin yaitu cumulo- yang berarti tumpukan.

Awan cumulus menghasilkan curah hujan yang sedikit, hingga tidak ada sama sekali.Tetapi gumpalannya mengandung curah hujan. jenis ini terbentuk dari uap air, tetesan air yang sangat dingin, atau kristal es yang dipengaruhi oleh suhu di sekitarnya.

2. AWAN STRATUS

Stratus merupakan awan rendah yang dengan pelapisan horizontal yang seragam. Jenis ini menggambarkan awan yang datar, kabur, tanpa bentuk yang jelas dan bervariasi. Warnanya adalah abu-abu gelap dan juga ada yang hampir putih.

Awan stratus akan terbentuk ketika arus vertikal mengangkat lapisan udara dari tanah. Kemudian, menekan dan mengikuti lajunya. Pada proses ini,   akan terjadi peningkatan kelembapan yang relatif karena pendinginan adiatik, yaitu proses perubahan sistem tanpa ada panas yang masuk atau keluar dari sistem.

3. AWAN CUMULONIMBUS

Awan ini merupakan awan vertikal yang padat dan berbentuk menjulang tinggi. Jenis ini terbentuk dari adanya uap air yang mengembung di lapisan troposfer yang membangun keatas dan dibawa oleh arus angin (udara) yang kuat.

Dan pada bagian bawah uap dari awan menjadi kristal es seperti salju. Terjadi interaksi yang menyebabkan hujan es dan pembentukan petir.

4. AWAN STRATOCUMULUS

Awan stratocumulus adalah awan yang berbentuk gulunga dengan warna yang bervariasi dari abu abu dan putih cerah,terdapat bagian bagian yang memiliki cerah terang dari sinar matahari.Awan ini merupakan awan rendah yang berada pada ketinggian dibawah 2km.

Awan ini daparbergerak lebih cepat dibandingkan dengan kumulus dan arah perkembangannya cenderunhg horizontal. Stratokumulus berasal dari bahasa Latin yaitu stratus yang berarti lapisan, dan cumulus yang berarti tumpukan atau gumpalan. Awan stratokumulus dapat disertai hujan dalam jumlah sedikit. Karakteristik awan rendah biasanya terdiri dari butiran air cair yang bisa sangat dingin, ataupun kristal es pada musim dingin. Awan ini dapat terbentuk dari berbagai penyebab antara lain: oleh turbulensi, konveksi lapisan udara yang tidak stabil dengan daya angkat keatas yang kuat.

Baca juga : ___Bulan

MACAM-MACAM AWAN SEDANG

1. AWAN ALTOCUMULUS

Altocumulus merupakan salah satu dari macam-macam awan sedang yang termasuk ke dalam stratocumuliform.Awan altocumulus yang menjulang tinggi biasa disebut dengan castellanus. Di dalamnya terdapat perkembangan badai petir. Selain itu, juga terjadi ketidakstabilan dan konveksi di tingkat tengah lapisan troposfer.

2. AWAN ALTOSTRATUS

Awan altostratus merupakan jenis awan yang terdiri atas tetesan air, kristal es, maupun campuran keduanya. Awan ini terbentuk ketika massa besar udara hangat dan lembap baik, sehingga menyebabkan uap air mengembun.

Awan altostratus biasanya berwarna abu-abu atau tanpa bentuk yang spesifik. Awan ini terlihat seperti selimut yang besar dan seragam. Awan ini tidak menghasilkan curah hujan yang signifikan, melain dapat menyebabkan percikan cahaya dan hujan kecil.

3. AWAN NIMBOSTRATUS

Awan ini berbentuk seragam dan berwarna abu-abu gelap. Di dalamnya terdapat curah hujan. Adapun jenis hujan yang turun bisa berupa air, salju, maupun es. Namun, proses hujan tidak disertai kilat atau guntur.

Nimbostratus yang tumbuh ke bawah relatif memiliki tingkat vertikal yang sama dengan kebanyakan awan cumulus besar yang memanjang ke atas. Namun, lebarnya cenderung lebih besar.

Baca juga : 3 Resep Tumis Kacang Panjang Tempe Paling Mudah, Yuk Cobain

MACAM-MACAM AWAN TINGGI

1. AWAN CIRRUS

Cirrus merupakan awan tinggi yang terbuat dari kristal es. Bentuknya terlihat halus dan tipis. Awan ini terbentuk ketika udara jangan dan kering naik, lalu menyebabkan pengendapan uap air ke partikel debu berbatu di ketinggian.

Awan cirrus terbentuk dari puncak badai petir dan bisa memprediksi datangnya hujan atau badai. Di langit, Anda bisa melihat bentuk awan ini seperti rambut dan berlapis-lapis.

2. AWAN CIRROSTRATUS

Cirrostratus terbuat dari kristal es yang merupakan potongan dari air beku. Terbentuk ketika awal mengambil nebulosus cirrostratus yang tipis. Awan ini memiliki tekstur berserat tanpa lingkaran cahaya.

Awan cirrostratus biasanya terletak di atas 5,5 kilometer. Biasanya awan ini menandakan adanya pendekatan permukaan udara hangat yang terbentuk setelah cirrus dan menyebar dari satu area lalu melintasi konveksi yang membatasi. Kemudian menyebabkan awan menjadi rata.

3. AWAN CIRROCUMULUS

Awan Cirrocumulus adalah jenis yang memiliki bentuk putus-putus menyerupai gelombang bentuk bulu domba yang keriting atau sisik ikan yang sangat tipis di lapisan langit. Susunan gumpalan awan yang teratur tersebut membuat wanita jenis ini disebut sebagai gelombang ikan makarel di langit oleh para pelaut.

Cirrocumulus biasa terdapat pada ketinggian 5-12 kilometer. Jenis ini berupa awan kecil yang juga biasa disebut cloudlets. Hampir seluruh bagiannya terdiri dari kristal es. Awan cirrocumulus berbentuk kecil dan tersusun secara teratur namun masih berjarak.

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

adplus-dvertising